Body Goals, Jadi Sempurna atau Malah Menderita? Cek Ini Dulu Yuk!

Body Goals, Jadi Sempurna atau Malah Menderita? Cek Ini Dulu Yuk!

Semua orang udah pasti mau jalanin hidup yang sempurna, termasuk punya bentuk tubuh yang sempurna. Jadi nggak heran kalo sekarang banyak banget anak muda yang terobsesi untuk dapetin sebutan body goals. Demi sebutan itu nggak sedikit dari mereka rela lho melakukan apapun untuk dapet body goals yang mereka impikan.

Body goals seperti apa sih yang diimpikan anak muda saat ini? Body goals menurut anak muda kekinian itu adalah tubuh yang sempurna, kurus, lekukan pada pinggul, tinggi dan berat badan kurang dari 50 kilogram atau tubuh kurus yang berotot dan tinggi.

Mereka yang terobsesi ngeraih body goals ini biasanya bakal terus menemukan sesuatu yang kurang atau tidak mereka sukai dari tubuhnya dan karena itu mereka bakal cenderung mencoba mengubah bentuk tubuhnya. Hal ini nggak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan kebiasaan tidak sehat, khususnya waktu mereka makan dan olahraga.

Kebiasaan tidak sehat ini juga biasanya nggak akan mencapai hasil yang mereka inginkan, baik itu fisik maupun emosional dan malah bisa menyebabkan perasaan kecewa, malu dan bersalah. Perasaan ini bisa berlarut-larut sampai akhirnya menimbulkan efek utama kesehatan psikososial seperti stres di masa mendatang.

Ejekan orang sekitar bakal jadi tekanan terbesar yang bisa membuat mereka ngerasa lebih stres memikirkan bentuk tubuh mereka. Kamu harus tahu stres itu bukan masalah yang remeh karena stres termasuk gangguan mental yang ujungnya bisa menyebabkan depresi sampai bunuh diri.

Stres nggak jarang digambarkan sebagai perasaan khawatir yang berlebih, tegang, dan cemas. Gejala stres yang dialami tiap orang bisa nggak sama. Contoh, ada yang mengalami gejala stres pada pencernaannya, sementara yang lain mungkin mengalami sakit kepala, susah tidur, gampang sedih atau marah. Stres karena mikirin kekurangan tubuh bisa mengakibatkan gangguan makan (eating disorder).

Eating disorder juga bukan penyakit remeh karena merupakah penyakit kejiwaan yang ditandai dengan gangguan makan yang parah seperti ngurangin kadar makanan yang ekstrem atau makan terlalu banyak karena ada rasa kekhawatiran yang tinggi didalam diri mereka khususnya pada berat badan dan bentuk tubuh.

Anxiety and Depression Association of America (ADAA) juga udah menyatakan bahwa mereka yang punya gangguan makan berisiko menimbulkan efek yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mereka yang ngalamin eating disorder asupan nutrisinya bakal tidak memadai atau bahkan berlebihan yang ujungnya bisa ganggu kesehatan mereka.

Mereka yang stres karena mikirin kekurangan tubuh bisa berpuasa atau sangat membatasi kalori, berolahraga berjam-jam tiap hari, atau ngelakuin tindakan lain untuk mencegah penambahan berat badan. Walaupun mungkin mereka kekurangan berat badan, mereka masih sangat takut jadi gemuk.

Itulah beberapa fakta yang sebaiknya kamu ketahui tentang body goals. Setelah tahu, ada baiknya kamu jangan terobsesi untuk dapetin sebutan body goals ya. Jalanin aja gaya hidup sehat, seperti rutin olahraga, cukup istirahat dan makan-makanan sehat, dijamin deh tubuh kamu tidak hanya akan ideal tapi juga sehat.