Menu Sarapan Orang Jepang Nggak Cuma Lezat Tapi Juga Bergizi, Apa Aja Sih?

Menu Sarapan Orang Jepang Nggak Cuma Lezat Tapi Juga Bergizi, Apa Aja Sih?

Sarapan nggak boleh dilewatin supaya tubuh kamu tetap berenergi saat beraktivitas. Di negara kita, menu sarapan pagi kebanyakan adalah olahan nasi seperti nasi uduk, nasi kuning, bubur ayam dan lontong sayur. Bagaimana di negara lain? Udah pasti beda.

Seperti di Jepang yang katanya nggak cuma lezat, tapi juga bergizi. Emang apa aja sih menu sarapannya? Intip yuk!

1. Tamago kake gohan

Tamago kake gohan adalah nasi yang diberi telur tidak matang alias mentah. Membuat tamago kake gohan ini gampang banget. Telur mentah biasanya dikocok dalam wadah kemudian dicampur dengan shoyu (kecap jepang) sesuai selera terus dituang ke dalam mangkuk berisi nasi atau dengan cara lain yaitu meletakkan telur mentah langsung di atas nasi terus diaduk bersama shoyu setelah itu baru dimakan.

Buat kamu yang mau mencoba menu ini sebaiknya hati-hati ya, karena mungkin saja keamanan mengonsumsi telur mentah di Jepang tidak sama dengan di negara kita.

2. Tamagoyaki

Telur dadar juga jadi menu sarapan yang sering dijumpai di Jepang. Apa nama telur dadar di Jepang? Tamagoyaki. Cukup mirip dengan telur dadar di negara kita, Tamagoyaki adalah telur dadar yang digulung dan disajikan dengan nasi.

Olahan telur dikenal bergizi, terutama bagian kuningnya mengandung kolin yang merupakan vitamin penting untuk pembentukan sel-sel memori di otak, selain itu telur juga mengandung protein tinggi, zat besi, folat dan vitamin A.

3. Natto

Menu sarapan pagi di negara Jepang lainnya adalah nasi dengan natto. Natto ini adalah kedelai fermentasi dan dikonsumsi dengan cara diaduk dulu lalu ditambahkan shoyu dan dicampur ke dalam mangkuk berisi nasi.

Natto adalah makanan kaya gizi dan protein, tapi karena teksturnya berlendir dan bau yang menyengat, mungkin banyak dari kamu yang tidak akan menyukainya.

4. Sup miso

Menu ini selalu ada pada menu makan orang Jepang. Bakal terasa kurang lengkap kalo makan makanan Jepang tanpa hadirnya sup miso.

Bikin sup miso itu nggak sulit lho. Cukup panaskan air kaldu dashi terus masukkan pasta kacang kedelai yang difermentasi (miso) lalu tambahin potongan tahu, daun bawang dan wakame (sejenis rumput laut). Sup miso siap dihidangkan.

5. Onigiri

Onigiri atau nasi kepal ini nggak cuma mengenyangkan tapi juga praktis karena bisa disantap di mana dan kapan saja.

Onigiri biasanya dijual di konbini (toko serba ada di Jepang biasanya menjual makanan, minuman dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya) dalam banyak jenis, bentuk dan juga rasa.

Gimana, kamu udah pernah ngicipin menu sarapan ala Jepang yang mana nih?